Customer Relationship Management atau CRM adalah salah satu hal bisnis yang diperlukan untuk tetap berhubungan dengan banyak pelanggan baru dan yang sudah ada agar dapat mempertahankan hubungan kerja sama dan memastikan supaya proses bisnis bisa terjadi lebih dari sekali. Aplikasi CRM dapat menyimpan semua data pelanggan termasuk nomor kontak, histori pembelian, melacak dan mengukur kampanye dan juga sebagai alat manajemen untuk meninjau kinerja tim penjualan.

Ada banyak sekali alasan mengapa perusahaan berinvestasi dalam penerapan CRM. Melalui pengunaan CRM maka perusahaan bisa mendapatkan manfaat untuk penjualan, pemasaran, pelayanan dan juga aktivitas perusahaan lainnya. CRM juga dapat membantu perusahaan untuk berbagi data, memperbaiki hubungan dan dukungan pelanggan, mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan.

Berikut ini adalah 10 alasan utama mengapa perusahaan harus menerapkan aplikasi CRM:

1. Pengunaan CRM yang berhasil dapat memastikan bahwa perusahaan dijalankan dengan sistem dan digunakan dengan baik oleh para karyawan.

2. Informasi data kontak pelanggan yang merupakan aset terpenting dari setiap perusahaan dapat disimpan dengan aman untuk digunakan sebagai alat promosi di masa datang.

3. CRM memastikan pemanfaatan sumber daya yang efisien terutama mengenai hal tenaga kerja. Software CRM akan meminta pengguna untuk melakukan tindak lanjut dan mengirim lansiran secara otomatis disaat terjadi kejadian penting.

4. Aspek terpenting dari CRM adalah untuk mendapatkan bisnis yang berulang dari pelanggan lama dan akan mungkin terjadi jika pelanggan lama merasa senang. Pengguna CRM dapat memeriksa riwayat pesanan pelanggan untuk menilai pola pembelian dan mengidentifikasi peluang penjualan baru.

5. Kampanye pemasaran dan promosi adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda. Sistem CRM yang baik akan memiliki aplikasi manajemen kampanye untuk menjangkau pelanggan dengan produk baru, promosi/skema baru dll.

6. Untuk memastikan kepuasan pelanggan, penting untuk menerima feedback secara reguler. Dengan mekanisme feedback otomatis dari CRM, pengguna memiliki akses ke semua rincian hubungan yang mereka butuhkan untuk melayani permintaan pelanggan secara efisien.

7. Untuk perusahaan dengan banyak channel, sistem CRM bisa menjadi persyaratan wajib untuk dapat mengelola semua channel secara efektif dan menyelesaikan masalah channel dengan cepat.

8. Bagian pengadaan dan produksi akan sangat bergantung kepada perkiraan penjualan yang tepat. Sistem CRM yang bagus akan menyediakan perencanaan departemen dengan data yang dibutuhkan untuk mendasarkan produk dan perkiraan penjualan.

9. Sistem CRM dapat memastikan data diterima kapan saja dan dimana saja karena sebagian besar CRM sudah tersedia di cloud.

10. Manajemen dengan tim penjualan yang kompleks dan tersebar di beberapa lokasi sangat memerlukan CRM yang terintegrasi untuk pelaporan real time di semua tim supaya dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat.