CRM dan ERP adalah dua teknologi dengan segmentasi pada aspek yang berbeda. Banyak perusahaan yang menggunakan kedua aplikasi ini secara bersama-sama sehingga memungkinkan data dari CRM dapat memiliki pengaruh positif terhadap keputusan yang dikelola oleh ERP (Enterprise Resource Planning). Perbedaan mendasar dari kedua aplikasi ini adalah jika CRM (Customer Relationship Management) berguna untuk mengawasi interaksi pelanggan, layanan pelanggan dan aktivitas penjualan serta pemasaran produk. Sedangkan ERP adalah aplikasi yang berguna untuk mengawasi manajemen produksi, manajemen akun dan manajemen rantai pasokan barang. ERP akan memastikan kelancaran arus informasi antara administasi, rekening, SDM dan produksi. CRM dan ERP dapat digunakan bersama dengan mengintegrasikan bisnis internal dengan ERP dan mengukur kinerja penjualan individual, layan pelanggan, aktivitas pemasaran dan lainnya dengan CRM.

Ada beberapa perbedaan antara ERP dan CRM dilihat dari manfaatnya. ERP bermanfaat untuk menurunkan lead time produk, ketersediaan informasi yang relevan untuk pengambilan keputusan yang akurat, peningkatan ROI dan mengotomatisasi bisnis untuk komunikasi yang lebih baik. Selain itu, keuntungan dari ERP adalah peningkatan pengambilan keputusan dan tindakan oleh manajemen, kelancaran arus informasi antara berbagai departemen sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Sedangkan CRM bermanfaat untuk melacak penjualan, peningkatkan produktifitas penjualan, penurunan biaya, peningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan keuntungan.

CRM digunakan di bidang pemasaran dan penjualan sedangkan ERP digunakan di hampir semua aspek bisnis perusahaan. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa kedua peran mereka berbeda. Kedua aplikasi tersebut dapat dintegrasikan secara tepat untuk membantu keseluruhan proses bisnis perusahaan.

CRM berfokus pada interaksi yang dikelola oleh sebuah perusahaan dengan pelanggan dan menyimpan banyak informasi data pelanggan. Sementara aplikasi ERP memiliki tampilan yang lebih luas. Bukan hanya untuk pelanggan dan penjualasan saja tapi juga untuk keseluruhan proses bisnis. ERP menyediakan otomasi fungsi keuangan, pemasaran, penjualan, distribusi dan manajemen proyek.

Pelanggan dan penjualan dikelola oleh CRM sedangkan produktivitas dan karyawan dikelola oleh ERP. CRM membantu untuk memprediksi pendapatan dan mengotomasi fungsi penjualan dan pemasaran. ERP membantu dalam menstandarisasi proses bisnis sehingga menyusun informasi yang berguna. Inilah letak perbedaaan antara ERP dan CRM dan keduanyanya digunakan secara bersama oleh perusahaan karena peran yang berbeda dan saling melengkapi.