Salesforce.com didirikan pada tahun 1999 sebagai perusahaan yang fokus kepada SaaS (Software as a Service) atau perangkat lunak yang berbentuk layanan. Secara sederhana, SaaS mengizinkan perusahaan untuk meng-host perangkat lunak dan mengirimkannya ke pelanggan melalui web. Sistem pembayarannya dengan model langganan, berbeda dengan SaaP yang biasanya pembelian lisensi satu kali yang kemudian di personalisasi oleh pelanggan.

Salesforce adalah perusahaan yang mempelopori  gagasan revolusioner untuk dapat menggantikan software CRM desktop tradisional dengan CRM Cloud sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Kantor pusat Salesforce berada di kota San Francisco, Amerika Serikat dan mempunyai kantor lainnya di bagian Amerika Utara, Eropa dan Asia. Setiap harinya, lebih dari 150.000 perusahaan menggunakan Salesforce sebagai platform CRM nomor 1 di dunia untuk dapat meningkatkan produktivitas karyawan, kolaborasi tim, loyalitas pelanggan dan penjualan.

Produk Salesforce

Produk Cloud Computing adalah fokus utamanya, selain itu Salesforce menawarkan berbagai software CRM yang semuanya dapat diakses secara online dan tersedia bagi pelanggan sesuai dengan permintaan.

Salesforce telah menyesuaikan aplikai CRM-nya untuk berbagai jenis perusahaan, ukuran usaha dan industri dengan spesialisai meliputi :

  1. Penjualan
  2. Customer Service
  3. Bisnis UKM
  4. Komunikasi
  5. Jasa kesehatan
  6. Jasa keuangan
  7. Sektor public
  8. Dan masih banyak lainnya.

CRM Salesforce juga hadir dalam berbagai edisi yang masing-masing disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berbeda dengan harga yang berbeda juga.

Produk lainnya termasuk Community Cloud, sebuah program kolaborasi online untuk menghubungkan pelanggan, karyawan, dan orang lain yang terlibat dalam sebuah proyek; App Cloud dan Force.com, platform perusahaan untuk membangun aplikasi cloud dan Chatter yang merupakan aplikasi kolaborasi dan platform untuk membangun sosial perangkat lunak komputasi awan.

Semua produk Salesforce tidak melibatkan Hardware dan waktu penyiapan minimal, jadi begitu Anda melakukan pembelian, produk siap digunakan.
Posisi Pasar

Salesforce.com dianggap salah satu pemimpin pasar dalam otomasi solusi tenaga penjualan. Perusahaan tersebut dinobatkan sebagai Pemimpin di Gartner’s Magic Quadrant untuk otomasi tenaga penjualan.

Aplikasi CRM Siebel dan CRM On Demand Oracle juga terdaftar di Leaders, dan oleh karena itu merupakan pesaing utama produk Salesforce.

Menurut Gartner, model SaaS telah benar-benar dicari untuk otomatisasi tenaga penjualan, karena perusahaan mencari cara untuk mulai menggunakan jenis aplikasi ini tanpa harus mengeluarkan uang yang besar dimuka untuk pemasangan perangkat lunak lokal.
CRM telah mengambil posisi sebagai salah satu CRM terbaik yang sudah dipakai di banyak perusahaan dan terus berkembang dengan banyak produk untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.