Pelanggan adalah bagian terpenting dari bisnis apapun dan ini adalah fakta bahwa bisnis sangat bergantung kepada pelanggan untuk tetap dapat berkembang. Oleh karena itu, penting bagi bisnis supaya tidak hanya dapat menghargai pelanggan mereka saja tapi juga menjalin hubungan yang baik supaya memastikan mereka menjadi pelanggan setia. Jika pelanggan sudah merasa percaya dan nyaman untuk berbisnis dengan Anda maka akan terjadi penjualan secara terus menerus.

Bisnis yang berjalan dengan lancar hanya bisa dicapai dengan menawarkan layanan pelanggan berkualitas. Teknologi telah berhasil mengubah cara interaksi dengan pelanggan mereka. Ada banyak media teknologi yang dapat meningkatkan layanan pelanggan dan juga berhasil meningkatkan efisiensi. Melalui teknologi, segala layanan pelanggan seperti keluhan, pertanyaan dan pesanan online dapat diatasi dengan baik dan ini merupakan cara yang sangat efektif.

Beberapa media teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatan layanan pelanggan adalah:

1. Jaringan media sosial
Melalui jaringan media sosial akan tercipta komunitas virtual antara bisnis dan pelanggan mereka. Pertanyaan dan keluhan bisa dengan cepat diketahui dan teratasi dengan menggunakan platform ini.

2. Website
Sebelum adanya jaringan media sosial, website menjadi kontak awal suatu bisnis dengan pelanggan mereka. Saat ini website digunakan sebagai alat pemasaran dan juga Branding.

3. Email
Email adalah cara sederhana dan sudah ada sejak lama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan klien mereka. Email dapat digunakan untuk memberitahukan pelanggan tentang produk baru, promo dan event perusahaan.

Dalam suatu bisnis, Anda tidak bisa hanya memikirkan pelanggan saja tanpa tidak memikirkan pemasaran. Strategi yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan dan oleh karena itu bisnis harus menggunakan teknologi untuk meningkatkan strategi pemasaran yang bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan wawasan pelanggan. Hal ini hanya bisa dilakukan melalui penggunaan database dan alat analisis.

2. Otomatisasi yang dilakukan dalam bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan dapat diatasi dengan bantuan software Zendesk. Transaksi online dapat dilakukan dengan bantuan E-commerce. Situs website dapat otomatis mengumpulkan database calon pelanggan yang nantinya bisa di follow up lebih lanjut.

3. Pemasaran menggunakan sosial media.
Media sosial dapat digunakan untuk strategi pemasaran online sehingga bisnis berkembang. Namun perlu juga berhati-hati karena dengan cepatnya informasi yang didapatkan bisa saja malah menghancurkan bisnis jika media sosial tidak digunakan dengan tepat. Media sosial dapat mengembangkan Branding dan juga berinteraksi dengan pelanggan mereka,

Bisnis yang dijalankan harus bertujuan untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan mereka. Pelanggan yang tidak puas akan layanan yang diberikan oleh Anda maka bisa terjadi berakhirnya hubungan kerja sama yang sudah terjalin. Sebagian besar teknologi digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan juga bisa digunakan bersamaan untuk alat pemasaran. Saat berhubungan dengan pelanggan, bisnis harus menggabungkan semuat teknologi yang tersedia untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.