Untuk mendapatkan Digital Marketing Agency terbaik, pertama, kita perlu memahami “apa itu digital marketing”, “apakah digital marketing akan menguntungkan bisnis Anda?” dan bisa menjawab pertanyaan “bagaimana saya mendapatkan lebih banyak prospek untuk bisnis saya?”. Hal inilah yang seharusnya menjadi tujuan pemasaran apapun.

Apa itu Digital Marketing Agency?

Digital Marketing adalah pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di internet dan juga termasuk ponsel, display advertising, dan media digital lainnya. Penjelasannya sangat sederhana namun ini bisa menjadi proses yang rumit untuk menjalankan dengan benar dan memastikan bahwa semua channel marketing dapat berjalan efektif. Di sinilah keahlian dan pengalaman Digital Marketing Agency terbaik bisa sangat bermanfaat.

Iklan di Koran dan buku direktori seperti Yellow Page semakin tidak efektif untuk bisnis. Beberapa tahun yang lalu orang akan menggunakan komputer untuk mencari produk atau layanan, saat ini orang terhubung ke internet sepanjang hari, setiap hari dan “live online”. Mencari informasi, produk atau layanan sama cepat seperti mencari di laptop atau komputer di tempat kerja atau mengangkat telepon genggam atau tablet mereka.

Digital Marketing berfokus untuk mendapatkan informasi, produk dan layanan Anda di saat mereka mencari secara online. Agen Digital Marketing terbaik memahami proses pembelian produk atau layanan dan memastikan bahwa informasi Anda penting bagi calon pelanggan pada waktu yang tepat. Di dunia pemasaran digital, berbagai tahapan proses pembelian yaitu pencarian, pertimbangan dan pembelian disebut “momen mikro” dan agen Digital Marketing terbaik akan menyajikan informasi, layanan atau produk yang relevan pada waktu yang ditargetkan dalam proses pembelian.

Beberapa agen Digital Marketing akan menciptakan dan mengelola periklanan atau pemasaran bisnis seperti iklan koran. Sedangkan Digital Marketing spesialis lainnya akan berkonsentrasi pada pemasaran online dibandingkan pemasaran melalui TV, radio dan media cetak.

Terlepas dari apakah bisnis Anda adalah business-to-business (B2B) atau business-to-consumer (B2C), Digital Marketing bisa menjadi cara yang cepat dan dapat diandalkan untuk mengarahkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Agen Digital Marketing terbaik akan mengelola semua iklan digital berdasarkan Return Of Investment (ROI) yang memastikan prospek yang didapatkan memiliki biaya yang murah dan meningkatkan tingkat keuntungan. Pemasaran digital akan menguntungkan bisnis Anda dan menjawab pertanyaan “bagaimana saya mendapatkan lebih banyak prospek untuk bisnis saya”?

Channel Digital Marketing

Digital Marketing, terkadang disebut sebagai pemasaran situs web, dapat dipecah menjadi sejumlah fitur dan layanan penting:

Layanan SEO

Optimalisasi mesin pencari, yang sering disingkat “SEO”, adalah proses mendapatkan situs web Anda ditemukan di mesin pencari seperti Google saat orang melakukan pencarian yang relevan dengan bisnis, layanan atau produk Anda.

Apapun website Anda termasuk E-commerce atau layanan penjualan lainnya, SEO akan membantu untuk mendapatkan prospek dan penjualan melalui mesin pencari. Google adalah mesin pencari paling sering digunakan dan jika website Anda berada di halaman pertama dengan kata kunci tertentu maka akan semakin besar peluang website Anda dikunjungi dan menghasilkan konversi penjualan.

Praktiso SEO membutuhkan pengalaman dan pemahaman tentang bagaimana Google membaca situs Anda. Pesan dan informasi apa yang Anda ingin Google baca untuk halaman dan mengetahui di mana menempatkan informasi tersebut sehingga mesin pencari dapat menemukannya. Agency SEO yang baik akan memiliki rekam jejak yang telah terbukti dari website kliennya berada di halaman pertama dari hasil pencarian mesin pencari.

SEO bekerja paling baik bila metode yang diterapkan telah terbukti mendapatkan rangking di halaman pertama. Meskipun SEO bisa menjadi layanan yang berdiri sendiri, ini sangat efektif bila dikombinasikan dengan PPC dan media sosial. SEO dapat digunakan untuk jangka panjang tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu besar.

Pay Per Click

Pay Per Click (PPC) sering disebut sebagai “Google Advertising” atau “iklan online” adalah tempat Anda memposisikan iklan di bagian atas hasil pencarian untuk istilah pencarian tertentu. Istilah pencarian ini bisa menjadi kata yang digunakan orang saat berada dalam fase “pencarian” dalam melakukan pembelian atau ditargetkan pada kata kunci membeli saat calon pelanggan ingin membeli.

Meskipun iklan akan tergantung pada anggaran untuk dapat ditampilkan setiap kali pencarian dilakukan, Anda hanya membayar bila pengguna internet mengklik iklan dan dibawa ke situs web Anda atau menghubungi langsung dari halaman hasil pencarian yang berarti Anda hanya membayar bila mendapat klik dari calon pelanggan.

Berapa banyak yang Anda bayarkan untuk setiap klik ditentukan oleh beberapa faktor. “Biaya per klik” (disingkat BPK) ditentukan oleh kualitas dan relevansi iklan dengan istilah penelusuran yang digunakan dan relevansi halaman di situs web yang menjadi potensi pelanggan. Faktor-faktor ini berkontribusi terhadap keseluruhan “skor kualitas”. Semakin tinggi skor kualitas Anda, semakin sedikit membayar per klik dan semakin sedikit membayar per lead ke bisnis Anda.

Di Indonesia, Google memiliki sebagian besar lalu lintas penelusuran dan sebagian besar anggaran Anda harus ditempatkan di sini. Selain itu, perusahaan manajemen PPC terbaik juga akan membahas penyebaran anggaran PPC Anda melalui sejumlah kampanye yang ditujukan pada berbagai bagian perjalanan pelanggan. Sebagian kecil dari anggaran harus dialokasikan ke tahap penelitian proses pembelian ketika orang menggunakan istilah pencarian yang luas untuk menemukan informasi, sebagian kecil dari anggaran ketika orang mencari nama pesaing bisnis Anda. Sebagian besar anggaran saat calon pelanggan menggunakan istilah penelusuran yang terkait langsung dengan melakukan pembelian dan yang terakhir, sebagian kecil dari anggaran untuk dipasarkan kembali (tunjukkan iklan Anda kepada orang-orang yang telah menunjukkan ketertarikan pada layanan atau produk Anda dengan mengunjungi situs web) untuk menangkap dan meningkatkan konversi dari pelanggan yang sebelumnya diiklankan juga.

Tidak seperti SEO, yang dapat memakan waktu cukup lama supaya efektif, CPC lebih instan karena bisa langsung Anda gunakan untuk kampanye iklan dan saat itu juga iklan akan muncul.

PPC sangat efektif bila dilakukan bersamaan dengan SEO. Situs yang dioptimalkan dengan baik akan meningkatkan skor kualitas kampanye iklan Google Anda sehingga mengurangi “biaya per klik” yang berarti Anda mendapatkan lebih banyak prospek untuk anggaran Anda.

Social Media Marketing

Platform Social Media seperti Facebook dan Twitter kini menjadi tempat yang efektif bagi sebuah bisnis untuk mendapatkan lead. Facebook memiliki anggota yang banyak sekali dan tersebar diseluruh dunia. Terlepas dari apakah bisnis Anda dijual ke konsumen atau bisnis lain, calon pelanggan Anda ada di Facebook dan mereka sangat sering menggunakannya setiap hari.

Facebook sangat baik dalam meningkatkan kesadaran selama tahap “penelitian” pelanggan, mengingatkan mereka akan layanan atau produk Anda selama tahap “pertimbangan” dan menempatkan produk spesifik Anda di depan calon pelanggan di tahap “pembelian”. Dengan audiensi yang begitu besar dan fleksibilitas untuk menargetkan pelanggan selama proses pembelian, Facebook bisa menjadi jalan yang baik untuk menghasilkan prospek dan penjualan dan memberikan laba atas investasi yang besar.

Agen Digital Marketing yang baik akan memiliki rekam jejak yang terbukti dalam memberikan kampanye iklan Facebook yang sangat efektif. Mereka juga akan dapat menunjukkan tingkat konversi dan biaya per prospek pemasaran media sosial Anda.

Sekali lagi, pemasaran media sosial dan pemasaran Facebook secara khusus dapat dilakukan sebagai aktivitas yang berdiri sendiri namun hasilnya jauh lebih baik bila dikombinasikan dengan SEO dan PPC. Bila pelanggan potensial mengunjungi situs web Anda, komputer mereka akan menandai jika mereka pernah mengunjungi. Ini kemudian memungkinkan Anda untuk menargetkan pengguna komputer itu, yang telah menunjukkan ketertarikan pada produk atau layanan Anda.

Agency Digital Marketing yang baik akan menggunakan salah satu dari sedikit platform digital marketing yang ada dan menyediakan alat serta sarana untuk memungkinkan Anda menangkap, mengelola dan merespons tinjauan pelanggan.