Berikut ini adalah 8 hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih CRM yang tepat untuk bisnis kamu:

1. Tujuan
Ini adalah langkah pertama dan terpenting agar Anda dapat memahami masalah apa yang ingin diselesaikan. Letakan tujuan berikut sesuai urutan bisnis Anda untuk menentukan CRM mana yang paling efektif.
– Melacak Leads dan Aktivitas Leads
– Melacak Customer Base
– Melacak peluang
– Menawarkan konektivitas antar tim
– Mengelola hubungan dengan klien
– Membuat laporan yang bisa disesuaikan
– Mengatur operasional bisnis
– Meningkatkan profit perusahaan
– Meningkatkan produktivitas

2. Implementasi
Setiap saat Anda mengubah atau menggunakan software baru pasti akan ada periode implementasi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan membutuhkan konsultan dari luar atau staff yang dapat memimpin proses implementasi. Akan ada periode pelatihan dan pengujian dimana bug sistem akan berhasil dilewati hingga CRM bisa digunakan dengan baik. Akan ada biaya yang dikeluarkan untuk mendidik team Anda untuk menjalankan sistem CRM. Implementasi dapat menimbulkan biaya yang besar dan akan menghemat waktu jadi jangan remehkan langkah ini.

3. Adaptasi Pengguna Sistem
Apapun sistem yang telah anda pilih, akan ada anggota tim anda yang menolak perubahan tersebut. Dalam beberapa kasus mungkin saja tim sales merasa terancam. Ini merupakan keluhan umum di kalangan team sales karena mereka percaya bahwa dengan memberikan informasi kontak pelanggan maka akan membuat posisinya dalam risiko. Kuncinya disini adalah membuat team sales merasa nyaman dan menyadari bahwa mereka tidak akan berisiko kelhilangan atau berbagi pelanggan dengan orang lain. Melibatkan tim sales Anda dalam proses seleksi CRM dan membuat mereka terlibat sepanjang jalan melalui proses tersebut membantu mereka tidak akan terancam oleh sistem baru.

4. Mobilitas
Team sales anda kemungkinan besar akan mobile dan akan menggunakan beberapa perangkat teknologi sekaligus mulai dari ponsel, tablet hingga laptop untuk mengakses sistem CRM. Carilah tools yang bisa diakses menggunakan berbagai perangkat web-enabled. Ingat bahwa kebanyakan team sales adalah pengadopsi teknologi awal, jadi anda akan mengingingkan sebuah platform yang dapat diperbaharui secara berkala dan tetap terkini dengan teknologi baru.

5. Kustomisasi
Software CRM merupakan hasil yang dirancang dari proses bisnis yang telah berjalan. Proses bisnis setiap perusahaan berbeda dan inilah yang akhirnya akan membedakan perusahaan anda dari pesaing. Sangat penting supaya CRM cukup fleksibel untuk di kustomisasi supaya dapat menangani setiap proses yang diinginkan oleh anda. Anda membutuhkan CRM yang dapat mengikuti dengan perkembangan bisnis dan dapat menyesuaikan diri dengan proses perubahan tanpa harus diganti.

6. Kompatibilitas
Meskipun kompatibilitas dengan banyak sistem yang terhubung melalui API akan menjadi semakin baik. Anda tetap ingin memastikan bahwa sistem CRM yang anda pilih dapat berinteraksi dengan aplikasi lainnya. Jika anda memerlukan bantuan untuk menghubungkan semua sistem melalui API, cari platform pihak ketiga yang dapat mengintegrasikan sistem Anda untuk menyederhanakan organisasi data.

7. Demo produk
Pastikan anda bisa mengakses demo produk, cobalah untuk menggunakan demo tersebut supaya anda bisa menguji sistem dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya untuk kebutuhan bisnis anda.

8 Laporan
Kemampuan untuk menyesuaikan laporan berdasarkan data akan melihatkan profit, kerugian, dan peluang untuk perbaikan. Anda mungkin berpikir proses telah berjalan efektif, namun data Anda mungkin menunjukkan sebaliknya. Memastikan tim penjualan untuk tidak takut dalam memasukkan data pelanggan yang benar menjadi kunci dalam menentukan persyaratan produk, layanan, harga, dan pengiriman yang tepat untuk bisnis Anda.

Memilih CRM yang tepat untuk bisnismu adalah proses yang penting. Mengikuti langkah-langkah di atas akan membantu Anda memulai, tapi pastikan untuk cukup mendedikasikan waktu dalam melakukan proses penelitian supaya menemukan software CRM terbaik untuk perusahaan Anda. Anda harus memastikan dalam memilih sistem terbaik untuk model bisnismu, karena software CRM yang tepat akan berperan penting dalam pertumbuhan perusahaan Anda. Untuk CRM Indonesia, anda bisa langsung menhubungi Phincon supaya dapat dibantu lebih lanjut.