Services Oriented Architecture (SOA) telah menjadi standar untuk integrasi aplikasi software atau komponen yang berbeda. Namun, masih ada kebingungan dan kesalahpahaman yang signifikan mengenai apa yang SOA tawarkan dan mengapa hal itu bermanfaat bagi perusahaan yang menerapkannya. Pasar yang semakin kompetitif dan pesatnya perubahan teknologi telah mendorong bisnis untuk dapat merespons dengan cepat peluang dan permintaan pelanggan baru.
Untuk departemen teknologi informasi memerlukan kemampuan untuk menambahkan fungsionalitas dan proses bisnis dengan cepat sambil memanfaatkan sistem dan informasi yang ada. Hal ini mengubah sifat pengembangan aplikasi dari aktivitas mandiri yang berfokus pada pembuatan kode baru ke aktivitas yang berpusat pada penggunaan aplikasi yang ada sebagai dasar pengembangan sistem bisnis baru.

Dalam SOA, fungsi bisnis diciptakan sebagai komponen independen dengan antarmuka standar yang dapat diakses oleh aplikasi, layanan, atau proses bisnis lainnya terlepas dari platform atau bahasa pemrogramannya. Layanan ini dapat digabungkan secara fleksibel untuk mendukung proses bisnis dan fungsi yang berbeda atau berubah. Bekerja dengan memanfaatkan infrastruktur pesan yang andal, aman dan teknologi berdasarkan standar industri yang diterima secara luas. Secara umum, SOA menyediakan fungsi kunci sebagai berikut:

  • Protokol komunikasi yang dapat saling mengoperasikan antara sistem dan bahasa yang berbeda, seperti antara Microsoft Windows, UNIX dan Apple Macintosh.
  • Metode dimana layanan dapat dideskripsikan dengan cara yang jelas dan platform-independen.
  • Cara untuk mencari layanan yang memenuhi kebutuhan spesifik pada saat dibutuhkan.

Salah satu implementasi SOA yang paling banyak digunakan dikenal sebagai “Web Service Platform”. Web Service Platform menggunakan internet dan HTTP untuk komunikasi, sebuah bentuk XML (Web Services Definition Language (WSDL)) untuk menggambarkan layanan dan sesuatu yang disebut UDDI (Universal Description, Discovery and Integration Service) yang menyediakan mekanisme bagi klien untuk secara dinamis mencari layanan web lainnya.
Dalam sebuah perusahaan, penerapan arsitektur SOA menyediakan platform layanan bisnis yang dapat digunakan kembali dan digunakan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan bisnis Anda yang sedang berjalan secara fleksibel. SOA yang diimplementasikan dengan baik dapat mengintegrasikan aplikasi yang ada, bahkan warisan lama ke dalam lingkungan fleksibel modern yang mendukung pengiriman fungsionalitas baru yang lebih cepat.

Jika departemen teknologi informasi sudah menerapkan SOA maka Anda sudah berada di jalur yang benar. Jika tidak, maka itu harus dianggap sebagai prioritas bisnis yang mendesak jika Anda ingin bersaing dengan pesaing yang lebih gesit di lingkungan di mana teknologi informasi telah menjadi elemen kunci dalam penyampaian bisnis yang sukses.