Saat ini semua orang hampir menggunakan media sosial untuk bersosialisi dan juga ada yang melakukan promosi produk disana. Faktanya lebih dari 3 miliar orang saat ini aktif dengan situs media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube. Masing-masing pengguna media sosial bisa menjadi calon konsumen juga. Mereka membeli barang dan jasa dan beberapa perusahaan menggunakan media sosial untuk mempromosikan barang dan jasa mereka kepada penggunan sehingga media sosial bisa menjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Untuk peluang yang tercipta ini maka perusahaan mulai pintar menggunakan solusi software CRM untuk memperluas upaya pemasaran individu mereka ke platform online.

Lacak Keyword dan Kebiasaan Online di Social Media

Saat ini website seperti Twitter, Facebook da Youtube menggunakan keyword untuk melacak semya dara dan video yang diposting di setiap website mereka. Software CRM dapat diprogram untuk memungkinkan pengguna memperluas akuisisi data ini untuk kebutuhan individual mereka. Software CRM dapat melacak keyword dan juga bisa mengetahui siapa yang mengetiknya, hal ini dapat memungkinkan untuk perusahaan menargetkan produknya kepada calon pelanggan.

Proses ini sangat menguntungkan untuk memperoleh data pemasaran dan memungkinan perusahaan untuk mencari tahu pelanggan mana yang paling cocok untuk ditargetkan secara langsung melalui iklan di social media. Situs ini mengembangkan program untuk mengumpulkan informasi pelanggan, software CRM akan menyediakan kemampuan penelitian yang dapat ditelusuri lebih jauh lagi.

Melacak Komunikasi Pelanggan Online

Setelah Anda menemukan calon pelanggan dengan melacak kata kunci yang mereka gunakan di media sosial, Anda dapat menggunakan Perangkat Lunak CRM untuk benar-benar mendapatkan informasi dari dalam komentar, pernyataan, dan komunikasi yang dibuat pelanggan secara online. Informasi ini sangat penting untuk secara khusus menargetkan dan menyesuaikan membuat program periklanan yang secara khusus akan menargetkan pelanggan ini.

Contohnya; katakanlah perusahaan Anda menjual jasa konsultan CRM Indonesia. Anda dapat mengetahui pelanggan mana:
• Berbicara tentang jasa konsultan CRM
• Yang mana yang lebih disukai daripada yang lain
• Yang mana yang tidak disukai, dan apa yang sebenarnya tidak disukai dari mereka

Orang-orang sangat terbuka dan beropini secara online dan di situs seperti Twitter dan Facebook cenderung terbuka dengan perasaan mereka yang sebenarnya. Memiliki akses ke informasi ini dapat memungkinkan perusahaan secara khusus mengambil pelanggan tersebut melalui pengembangan posting media sosial yang menarik.

Software CRM telah berkembang bersama dengan situs media sosial ini. Mereka juga memungkinkan setiap perusahaan untuk secara otomatis memposting informasi ke situs mereka seperti promosi acara, penjualan produk dan penawaran lainnya yang pada akhirnya dapat menghasilkan laba yang tinggi dan pertumbuhan yang cepat untuk perusahaan.